UAS menjawab pertanyaan-pertanyaan perempuan

Tafaqquh video 05/Jul/2018 najis kencing anak pil kb untuk puasa Jambi View : 975 |
Ratu Convention Centre, Jambi 10.6.2018 - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Pertanyaan:
Saya berusaha shalat tepat waktu tapi saat azan mulai bergegas wudhu, saat itu anak usia di bawah satu tahun menangis. Apa yang harus saya lakukan? Menunda shalat untuk mendiamkan anak dulu atau biarkan dia menangis.

JawabanUAS:
Tunda dulu. Karena shalat itu waktunya panjang. Tapi katanya shalat awal waktu itu lebih baik. Itu untuk situasi normal, tidak ada anak yang menangis. Saat tenang, santai, asik buka-buka wa. Pas ditanya, kenapa tidak shalat? Waktu shalatkan panjang. Itu tak betul. Tapi kalau anak menangis, tenangkan. Saya termasuk yang tidak bisa sabar mendengar anak menangis. Anak saya mungkin saya bisa sabar, tetapi kalau anak orang naik pitam saya (marah). Anak-anak dibawa ke mesjid sering menangis meraung. Kadang anak-anak ini macam diganggu setan pula, saat shalat dia nangis, selesai shalat diam dia. Jadi tenangkan dia dulu.

Pertanyaan:

Apakah dosa kalau saya membaca Al Quran sambil menyusui? Sementara menyusukan itu membuka aurat.

JawabanUAS:
Membaca Quran itu ada adabnya. Menghadap kiblat, dalam keadaan suci, takzim, mengagungkan. Kalau ibu sedang membuka aurat sebaiknya tidak membaca Al Quran tetapi membaca zikir. Ada ulama besar namanya Said Nursi dari Turki yang ditulis namanya dalam novel Ayat-ayat Cinta oleh Habiburrahman El Shirazy. Said Nursi hafal Kamus Al-Muhith, tebalnya dua kali Al Quran. Orang heran. Cerdas sekali dia. Ditanya "Said Nursi, apa yang kau makan, kok otakmu cerdas sampai hafal Kamus Al-Muhith". Kata dia, aku makan biasa saja. Emakku waktu mau menyusukan aku berwudhu dulu.
Rupanya air susu ibu yang suci, disusukan ibu yang suci berwudhu". Itu rupanya yang membuat anak itu cerdas luar biasa.
Adapun anak-anak ibu yang sudah besar, apa boleh buat. Yang lalu tak dapat diulang balik. Tapi buat ibu muda atau yang belum menikah atau belum punya anak, nanti azamkan (tekad) sebelum menyusukan anak, berwudhu dulu. Dalam keadaan suci.
Kalau tak bisa baca Quran (karena menyusukan) maka berzikir.

Pertanyaan

Masalah kencing anak yang najis berserakan yang sering merangkak kesana kemari. Apakah seluruh rumah harus saya pel?

JawabanUAS
Dibuatkan kandangnya. Di alas pakai terpal plastik. Supaya kalau dia kencing, pampersnya bocor disitu saja, tidak kemana-mana. Karena kencing anak itu najis. Kencing anak yang tidak najis adalah kencing anak laki-laki dibawah umur dua tahun yang tidak makan apa-apa kecuali susu ibu. Cukup percikkan air saja. Kalau sudah makan yang lain kencingnya najis. Maka mesti di pel, dibersihkan. Hati-hati, anak ini mesti dijaga betul.

Pertanyaan:

Apakah boleh saya menguatkan suara dan melirik di saat shalat untuk melihat anak yang umur satu tahun.

Dan mengeraskan bacaan agar tidak diganggu kakaknya yang tiga tahun.

JawabanUAS
Kalau merubah bacaan tidak boleh. Mengeraskan bacaan boleh. Perempuan jika shalat taraweh bersama (perempuan semua), imamnya tetap membaca jahar (keras) karena tak ada makmum laki-laki. Silahkan ibu mengeraskan bacaan untuk menenangkan anak. Adapun mata melihat tidak membatalkan shalat tetapi kekhusukan shalat rusak. Jadi bagaimana supaya anak tadi tidak bergerak? Jangan pula diikat. Masukkan dalam kotak, kandang. Jangan pula baca ayat panjang-panjang. Sudah tau punya anak kecil, janganlah baca Ar Rahman. Qulhu saja cukuplah. Qulhu, Innaa'toina, Wal Asr. Selesai.
Jihad ibu luar biasa. Jangan sangka Islam tidak adil. Suami bisa taraweh, bisa witir, bisa baca Quran, bisa ke mesjid, bisa itikaf. Kami (perempuan) bisa apa?.
Tengok.
Ibu membesarkan tiga anak perempuan, dididik dengan baik, dibesarkan dengan baik, menikah dengan baik, berbuat baik sampai mati, (ibu) masuk surga. Ada seorang ibu menawar, Ya Rasulullah, anakku cuma dua. Duapun masuk surga juga.
Laki-laki tidak ada jaminan masuk surga, tetapi ibu-ibu? Kau urus tapak kakinya, masuk surga. Itu kata nabi kepada laki-laki yang mau pergi syahid. "emakmu masih hidup? Kau urus tapak kakinya, kau dapat surga di sana."
Allah maha adil. Ibu bisa beramal yang luar biasa yang tak dapat dilakukan laki-laki.


Pertanyaan:

Saya setiap bulan puasa, selalu makan pil KB supaya bisa full puasanya.

Alhamdulillah tidak ada pengaruh yang negatif pada diri saya selama ini. Saya belum waktunya halangan (haid), maaf, mengeluarkan darah seperti halangan. Hanya malam hari saja.

JawabanUAS.
Tidak boleh makan anti haid baik dalam bentuk pil KB atau apapun namanya kecuali untuk haji dan umroh karena resikonya tinggi. Bayangkan berangkat umroh, duit habis, sampai ke Mekah tak bisa (haji/umroh). Maka boleh. Tapi kalau untuk puasa tidak boleh.
Ibu tetap jalani masa haid (seperti biasa). Bayangkan itu rahimnya kering, tak bisa mengandung lagi. Belum lagi efek-efek lainnya yang banyak. Maka normal-normal saja hidup ini. Biarkan darah itu keluar sampai bersih sehingga tidak ada penyakit-penyakit. Sehat Insya Allah.

Pertanyaan:

Saya menanyakan masalah SPP (uang sekolah) anak. Dalam pembayaran SPP itu ada uang makan

Apakah halal atau haram kalau pihak sekolah tetap minta dibayar penuh sementara selama satu bulan penuh anak tidak makan. Dan yang membuat sedikit agak berlebihannya, pihak sekolah tetap memaksa karena sudah menjadi kebijakan sekolah. Kalau tidak bayar SPP bulan Juni maka tidak dapat ikut ujian.

JawabanUAS.
Dia bisa makan haram itu.
Hai sekolah-sekolah yang mengutip duit makan, padahal anak tidak dikasih makan. Kalian makan haram! Halal sama haram itu letaknya di akad. Beda nikah Islam dengan yang tidak syari terletak pada akad. Begitu juga dengan ini. "Aku serahkan duit ini untuk makan, tunai".
Makannya mana? Untuk asrama ada, untuk makan tidak ada. Makan haram.
Setiap daging yang tumbuh di badan ini dari uang haram, tempat tumbuhnya api neraka. Nauzubillah.

Pertanyaan:

Saya punya usaha di bidang pengiriman jasa bayar listrik, BPJS, karena daerah saya di pelosok, jauh dari kota. Tak ada bank konvensional dan syariah. Yang saya tanyakan, apakah uang hasil dari jasa tersebut riba?

JawabanUAS.
Tidak!
Uang jasa tidak riba. Mana dalilnya?
Sayidina Ali menjual jasa menimbakan air orang yahudi, non muslim. Hadist riwayat Abu Daud. Jasa Sayidina Ali ini dtanyakan kepada rasulullah. Jawab rasulullah tak apa-apa.
Menggembalakan kambing juga jasa. Ini jasa membayarkan listrik orang maka boleh.

Pertanyaan

Saya dan suami sekarang sedang memakai uang pinjaman BPR. Dalam Islam itu riba. Pertanyaan saya, apakah tetap riba jika dalam pinjaman itu kita merasa rela/ridho?

JawabanUAS.
Kalau rela tak haram?? ooo kalau begitu hukumnya maka tidak ada zina, karena zina itu sama-sama ridho.
Ridho kita satu negeri ini untuk menggugurkan hukam Allah maka hukum Allah tidak gugur. Kalau haram kata Allah maka haram. Selingkuh berzina haram. Riba haram walaupun sama-sama ridho.

Pertanyaan:

Saya punya usaha buat kain tenun. Dan produk saya kadang dipakai desainer menjadi pakaian seksi. Apakah dari pakaian itu ikut mengalir dosanya?

JawabanUAS.
Tidak!
Karena ibu jual barang. Sama macam saya menjual semen. Lalu semen itu (oleh yang beli) dibuat rumah bilyar. Maka itu bukan urusan saya.
Tapi kalau kita sudah tau secara pasti maka tidak boleh, contoh.
Jual anggur. Jual anggur itu halal. Misal sudah jelas kalau jual anggur ke dia pasti akan dia olah menjadi minuman alkohol, maka itu tidak boleh. Haram karena kita sudah tau pasti kemana perginya (diolah).
Dalam hal jual kain ini, kita tidak tau pasti. Kita menjual saja setelah itu menjadi apa itu bukan urusan kita karena akadnya sudah selesai.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records