Ternyata Ustadz Abdul Somad adalah cicit Syekh Abdurrahman Ad-Dili, Ulama Kerajaan Deli

Muhar Abdullah Puteh 14/Apr/2018 Silsilah Ustad Abdul Somad Syekh Abdurrahman UISU, Medan View : 483 |
Ustadz Abdul Somad di Universitas Islam Sumatera Utara, Medan 13 April 2018

Mesjid Kerajaan Deli (Medan, Sumatera Utara) apa namanya? Al Mashun. Al Mashun diambil dari kata "sona" yang artinya melindungi. Al Mashun artinya tempat yang dilindungi. Kota Medan ini dilindungi Allah.

Luas tanah milik sultan Deli, kenapa tapak tanah itu yang dijadikan mesjid. Sultan Deli dekat dengan ulama dan meminta fatwa dari ulama Syekh Abdurrohman. Datang sultan kepada Syekh Abdurrahman, "Syekh Abdurrahman, tolong tunjukkan mana tapak yang cocok untuk membangun mesjid". Syekh Abdurrahman "tunggu aku beristikharah kepada Allah". Tak lama kemudian Syekh menunjukkan lokasi tapak mesjid yang paling cocok itu.

Syekh Abdurrahman itu punya anak perempuan bernama Siti Aminah.

Siti Aminah punya anak perempuan bernama Hajah Rohana

Hajah Rohana punya anak laki-laki bernama Abdul Somad Lc, MA.

Jangan kalian sangka saya datang (ke Medan) sebagai tamu. Kakek moyang saya dulu yang menunjukkan lokasi tapak untuk pembangunan Mesjid Kerajaan Deli yakni Mesjid Al Mashun. Tapi karena saya dari pihak keturunan perempuan, jadi tidak diakui sebagai cucu cicit Tuan Syekh Abdurrahman. Itulah mengapa saya tidak menggunakan sorban, karena bukan dari pihak laki-laki. Ayah saya petani, orang biasa. Tapi kalau Allah mau, jangan lihat ayahnya, walaupun ayahmu tukang gali parit. Kalau Allah ingin mengangkat engkau, mau dinaikkannya ke atas pentas ini, bisa. Itu kerja Allah.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records