Tarekat itu adalah cara, metode. Apa Masalahnya?

Tafaqquh video 24/Feb/2018 Tarekat Palangkaraya View : 1038 |
Pertanyaan
Apa yang dimaksud dengan tarekat?

Masjid Raya Darussalam Palangkaraya Kalimantan Tengah. 26 Januari 2018.

JawabanUAS

Thoriqoh artinya jalan. Thoriqot adalah metode, cara. Misal membaca Al Qur'an, ada cara-cara bagaimana mempelajari dan membaca Al Qur'an. Demikian juga dengan zikir, ada metodanya. Bagaimana caranya? maka ulama berijtihad, dikumpulkan wirid-wirid, dicari sanadnya, maka Abdul Qadir Jaelani membuat metode/cara berzikir. Metode beliau ini dinamakan Tarekat Qodiriyah. Ada lagi Syekh Bahauddin Naqshaband, dengan metodenya Tarekat Naqshabandiyah. Ada Syekh Abdullah Syattariyah dengan metode atau Tarekat Syattariyah. Syaikh Muhammad bin Abdul Karim As-Samani Al-Hasani Al-Madani dengan Tarekat Samaniyah. Ada juga namanya Tarekat Burhamiyah.
Ketua tarekat se Indonesia ini namanya Habib Lutfi Bin Yahya di Pekalongan. Namanya Jatman (Jam'iyyah Ahlit Thariqah al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah).
Tarekat itu ada syaratnya, yakni harus bersilsilah, syekh mursidnya harus ikut Syar'i menjaga agar tidak keluar dari ahlussunnah wal jamaah.
Apa hukumnya ikut tarekat?
Orang ikut tarekat adalah mengikuti cara berzikir. Sama dengan untuk sampai ke suatu tempat dapat menggunakan berbagai cara, seperti naik mobil, naik motor, jalan kaki dll.

 


admin
Jumlah Catatan: 1

admin

 24-Feb-2018  00:20:20 

Pertanyaan
Bagaimana agar dapat menjadi wanita yang istiqomah, menjaga pandangan, menjaga hati dan pikiran sebab saya seorang mualaf yang sering mengikuti ceramah ustad, saya ingin belajar.

JawabanUAS
Mudah-mudahan saudari istiqomah.
Pertama, engkau bersyukur pada Allah karena engkau lebih mulia daripada saya. Saya umur sudah 40 tahun memiliki dosa yang banyak. Sedangkan engkau, catatan dosamu diulang dari nol.
Kedua, tetap dengarkan pengajian karena telinga, mata juga memerlukan makanan yang baik.
Ketiga, jangan pisahkan diri dari jamaah. Jika dilingkunganmu ada wirid yasin, arisan yang islam maka ikuti. Ada majelis habib, ada majelis marawis, ada majelis habsy, majelis barzanji, majelis simtuddurar maka datang. Srigala hanya akan memangsa kambing yang memisahkan diri dari jamaah.
Keempat, tengok orang sakit maka itu akan membuat engkau istiqomah.
Kelima, tengok orang mati, ini akan makin mengingatkan kepada Allah