Shalawat Nariyah bukan shalawat neraka!

Aswaja 11/Mar/2018 Shalawat Nariyah View : 2556 |
Pertanyaan
Saya jamaah ustadz di sosmed, dari Balikpapan. Saya sering mengamalkan shalawat nariyah setelah shalat fardhu, namun teman-teman di medsos mengatakan bahwa shalawat nariyah adalah shalawat neraka karena mengagungkan Rasulullah bukannya Allah

JawabanUAS

Shalawat takhrijiya, shalawat nariyah, shalawat badar adalah shalawat yang disusun oleh ulama. Bolehkah shalawat yang disusun ulama dibaca? Boleh! Shalawat bushiri, shalawat barzanji, boleh karena bersanad sampai ke penulisnya. Shalawat nariyah adalah shalawat untuk menjauhkan dari neraka, bukan shalawat neraka. Dalilnya apa?

والطبراني: مَنْ صَلّى عَلَيَّ وَاحِدةً صَلّى الله عَلَيْه عَشْراً، وَمَنْ صَلّى عَلَيَّ عَشْراً صَلّى الله عَلَيْهِ مائَةً، وَمَنْ صَلّى عَلَيَّ مائَة كَتَبَ الله لَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ بَرَاءةً مِنَ النِّفَاقِ وَبَرَاءَةً مِنَ النَّارِ وَأَسْكَنَهُ يَوْمَ القِيَامَةِ مَعَ الشّهَدَاءِ

Man sholla ‘alayya wahidatan shallallaahu ‘alaihi ‘asyron wa man sholla ‘alayya ‘asyron shallallaahu ‘alaihi mi-atan wa man sholla ‘alayya mi-atan kataballaahu lahu baina ‘ainaihi baro-atan minan nifaaqi wa baroo-atan minan naari wa askanahu yaumal qiyaamati ma’asy syuhadaa-i.

Artinya : “Barangsiapa yang membaca sholawat untukku satu kali, maka Allah bersholawat untuknya sepuluh kali, dan barangsiapa bersholawat untukku sepuluh kali, maka Allah bersholawat untuknya seratus kali, dan barangsiapa bersholawat untukku seratus kali, maka Allah menulis diantara kedua matanya kebebasan dari nifak, dan kebebasan dari neraka dan ditempatkan pada hari kiamat bersama orang-orang yang mati syahid.” (HR. At Thabarani, di dalam Kitab Irsyadul 'Ibad Ilasabilirrosyad).

Shalawat terbagi dua, pertama shalawat ma'tsur yang diajarkan nabi. Itu yang ada dalam hadis shahih, kedua adalah shalawa ghoiru matsur yang dibuat oleh para ulama.
Shalawat memang memakai irama/nada. Sedangkan Qur'an juga menggunakan lantunan lagu. Azan juga pakai lagu.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records