Sering shalat dhuha di kantor? Baca ini!

Tafaqquh video 29/Mar/2018 Dhuha di kantor Bandara SSK Pekan Baru View : 1984 |
Berikut adalah cara bisa shalat dhuha tapi tidak mengganggu pekerjaan dan tidak menjadi JAHIL.
Kerja Adalah Ibadah (Masjid Al Musyafirin SSK II, 27.3.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Ketika berbenturan antara ibadah dan bekerja, jam 9 waktunya shalat dhuha. Sedangkan sedang ramai-ramainya pekerjaan. Berbenturan antara kerja dan ibadah, mana yang didulukan?

Jika sedang bekerja dan sedang ramai-ramainya, tetapi petugas sedang di mushola untuk shalat dhuha berarti orang ini jahil.

Shalat dhuha itu hukumnya sunnat, sedangkan mengurus/melaksanakan pekerjaan adalah wajib. Kalau dia pegawai BUMN, pegawai pemprov, berarti makan uang APBD/negara. Maka dia akan dituntut dihadapan Allah. Meninggalkan yang wajib untuk mengerjakan yang sunnat. Solusinya bagaimana? bekerja tetap dilakukan dan tetap shalat dhuha.

Bagaimana caranya?

Sebelum berangkat kerja, shalat dhuha dulu. Jika masuk kerja jam tujuh. Sekarang di Pekan Baru waktu syuruq jam 6.15. Waktu syuruq belum boleh sholat, karena ini adalah waktu matahari terbit yang disebut juga waktu dua tanduk setan (tanduk setan mengiringi terbitnya matahari). Sampai berapa lama waktu syuruq? Sampai matahari setinggi tombak, atau setelah diukur dengan ilmu astronomi sama dengan 12 menit. Jadi jika waktu syuruq jam 6.15, tambah 12 menit maka jam 6.27 sudah bisa dilakukan shalat dhuha di Pekan Baru. Begitu caranya.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records