Qur'an digital boleh dibawa ke wc, toilet.

Amih Hindarsih 14/Feb/2018 Akhir zaman Quran digital Malaysia View : 368 |
Pertanyaan
Apa hukum membaca Qur'an digital.

Tabligh Akbar Ceramah Ustadz Abdul Somad Lc, MA di di Masjid Ar-Rahah Bangsar South, Kampung Kerinchi, Kuala Lumpur Malaysia

JawabanUAS

Qur'an dulu tidak ada di kertas. Qur'an bukan kertas yang turun melayang-layang. Qur'an adalah suara yang didengar Nabi Muhammad. Nabi tidak menulis, Ia buta huruf.  Pada saat Nabi mendengar suara Jibril maka Ia gerakkan mulutnya. Kemudian Allah berfirman "Jangan kau gerakkan mulutmu, dengarkan saja baik-baik. Kami akan mengumpulkannya".  Jadi ketika orang membaca Qur'an di kertas berarti sama dengan membaca Qur'an digital. Karena kedua-duanya tidak ada di zaman Nabi Muhammad. Baru ada Qur'an dalam 30 juz (dalam bentuk kitab) setelah nabi wafat, yang dirintis pada masa Khalifah Abu Bakar Sidik ketika Ia mengutus pasukan untuk membunuh nabi palsu Musailamah Al Kazab di Yamamah yang mengakibatkan meninggalnya 70 para penghafal Qur'an. Khawatir dengan ini maka Qur'an mulai dibukukan. Jadi yang membaca Qur'an melalui buku adalah baik, dan yang membaca melalui handphone tetap baik.

Adakah perlu mengambil air wudhuk untuk memegang Qur'an digital?
Tulisan Al Qur'an (kertas) ada nampak jelas dan bisa dipegang sedangkan tulisan yang ada dalam Qur'an digital sama dengan tulisan yang dimasukkan kedalam kaca. Kita melihatnya dari balik kaca. Apakah orang yang memegang Qur'an dari balik kaca mesti berwudhuk? tidak disyariatkan untuk berwudhuk karena tidak nyata/nampak, bisa hilang. Bedakan antara membaca Qur'an dengan cara memegang muzhab dengan tidak memegang (membaca Qur'an). Qur'an digital bukanlah muzhab.  Jika memegang muzhab Al Qur'an diharuskan berwudhuk, tetapi jika membaca (tanpa memegang) boleh tidak berwudhuk. Tetapi untuk afdolnya memang berwudhuk supaya turun rahmat Allah.

Bolehkah melangkahi handphone (hp) yang ada Qur'an digital?
Saat hp itu mati, tidak tampil maka tidak ada Qur'an. Maka dilangkahi tidak apa-apa. Atau dibawa masuk toilet juga tidak apa-apa. Tetapi jika sedang ada, tampak (hp menyala dan menampilkan Qur'an digital) maka tidak boleh dilangkah, tidak boleh disimpan di lantai, tidak boleh dihinakan dan tidak boleh dibawa masuk wc/toilet. Sama seperti kita membawa otak kita ke dalam wc walaupun dalam otak kita ada Qur'an, jadi boleh. Yang tidak boleh adalah mengeluarkannya, melafazkan Qur'an di dalam toilet. Sama juga dengan rekaman-rekaman Qur'an dalam bentuk video atau mp3, jika tidak sedang menyala/aktif maka boleh.

 


admin
Jumlah Catatan: 0
No records