Polisi bertanya lagi. Kapolres Kota Malang menanyakan doa nabi tentang keamanan

Muhammad Gibran 26/Mar/2018 Polisi Keamanan Malang View : 622 |
Pertanyaan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung pada acara Ceramah di Komplek Perumahan Grand Permata Jingga Malang pada 23 maret 2018, Kota Malang :

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Yang terhormat Ustadz Abdul Somad, langsung saja, saya ada pertanyaan. Bagaimana pandangan Islam terkait nikmat keamanan, karena tugas saya berkaitan dengan keamanan ini. Apakah betul dalam satu riwayat disebutkan nabi pernah mendahulukan dalam doanya tentang keamanan dibanding rezeki. Bahkan di beberapa kesempatan nabi menyandingkan dalam doanya tentang keamanan dengan keimanan, keselamatan dan keislaman.

JawabanUAS:

Tujuan datangnya Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam membawa syariat Islam adalah menjaga keamanan harta dengan diharamkan riba dan mencuri. Menjaga keamanan nyawa, maka diharamkan membunuh, menjaga keamanan kehormatan maka diharamkan ghibah, gosip. Menjaga keamanan keturunan maka diharamkan zina dan menggugurkan kandungan. Menjaga keamanan harga diri maka diharamkan cacimaki, sumpah serapah.

Siapakah muslim itu wahai rasul?

Al-Muslimu man salima al-muslimuuna min lisaanihi wa yadihi.
Muslim adalah, selamat orang lain dari lidahnya dan tangannya. Aman tetangganya dari lidahnya. Mana yang didahulukan rezeki atau keamanan/keselamatan, maka didahulukan keselamatan karena tidak mungkin rezeki datang jika tidak ada keselamatan.

Iman diambil dari tiga huruf, alif, mim, nun. Dari tiga huruf inilah kata iman, aman dan amanah. Maka diungkapkanlah 'imanah illa bil amanah'-Tidak beriman orang kalau tidak menjaga amanah. Kalau menjaga amanah maka terwujudlah keamanan. Oleh sebab itu kita jaga keamanan, ketertiban kita. Selamatlah kita dunia akhirat Insya Allah.

 


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records