Pintu-pintu Surga di Buka, Pintu Neraka di Tutup. UAS 1 Ramadhan @TVOne

Ustadz Lovers 24/May/2018 Pintu surga Tausiah Sahur TV One View : 582 |
Pintu-pintu Surga di Buka, Pintu Neraka di Tutup. UAS 1 Ramadhan @TVOne
Ustadz Abdul Somad - Sahur - Keberkahan di Bulan Ramadhan - TVONE - 1 Ramadhan 1439H 17-5-2018
Kita akan mempelajari hadist. Hadist itu apa? untuk apa? Hadist itu adalah ucapan, perbuatan, ucapan dan perbuatan sahabat yang dibenarkan oleh nabi.Itulah hadist. Hadist punya sinonim, kata yang sama juga maknanya ialah sunnah. Di Indonesia ada jurusan hadist, di Malaysia ada jurusan sunnah. Di Ciputat ada Darussunnah,

di Maroko ada Darul Hadist.

Hadist itu letaknya dimana? ada enam kitab induk:
Sahih Bukhari,
Shahih Muslim
Sunan Abi Dawud
Sunan At-Tirmizi
Sunan An-Nasa'i
Sunan Ibnu Majah

Ada juga yang menyebut sembilan kitab, tambahkan
Sunan Akhmad Bin Hambal
Sunan Ad-Darimiy
Muwatha’ Imam Malik

Kitab hadist ada banyak, tapi inilah yang mashur yang dijadikan pedoman.

Hadist pertama yang akan kita kaji ini adalah diriwayatkan dari sahabat nabi bernama Abdurrahman Ibnu Shakhr at Dausi (Daus adalah nama sukunya di Yaman). Nama aslinya Abu Syam (hamba matahari). Setelah masuk Islam nabi merubah namanya menjadi Abdurrahman (hamba yang maha penyayang). Nama bapaknya Shakhr, nama kampungnya Daus, maka jadilah namanya Abdurrahman bin Shakhr at Dausi. Tetapi karena selalu membawa kucing maka di panggil Abu Hurairah (yang selalu membawa kucing).

Hadis ini diriwayatkan oleh beliau dan beliau mendengar langsung dari nabi. Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam bersabda:
"Sudah datang kepada kamu syahrul ramadhan. Bulan yang penuh dengan berkah". Berkah itu diambil dari kata barakah yang berarti banyak kebaikan, semoga kebaikan-kebaikan tersebut berdiam diri kepadamu. Jadi kalau ada orang punya anak, kita ucapkan

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ
Baarakallaahu Laka fil Mawhuubi Laka wa Syakartal Waahib, wa Balagha Asyuddahu, wa Ruziqta Birrohu
“Semoga Allah memberkahi untukmu anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.”

Ketika minta doa, selalu salamatan fiddin artinya selamat dalam beragama, wa' afiyatan fil jasad artinya badan sehat, wa ziyadatan fil 'ilmi artinya ilmu bertambah, wabarakatan firrizqi artinya rezeki barokah. Semoga berkah ya, selalu di ucapkan. Apa artinya? artinya (semoga) berdiamlah kebaikan, kebarokahan dalam dirimu. Makna berkah itu adalah bertambah.
Mengapa disebut ramadhan itu sebagai bulan barokah? kaena didalamnya banyak keberkahan, kebaikan-kebaikan. Di bulan itu Allah mewajibkan kamu berpuasa (siyam). Apa makna siyam? arti siyam adalah menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai tenggelam matahari. Bukan sejak terbit matahari, tetapi dari sejak terbit fajar.

إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة وغلقت أبواب النار، وصفدت الشياطين” رواه البخاري ومسلم واللفظ له
“Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu”

Pintu-pintu surga dibukakan. Makna pintu surga dibukakan adalah khabar gembira. Pintu-pintu neraka ditutup. Apa makna pintu neraka ditutup? Allah menutup tempat keburukan, maka kalianpun tutup mata, tutup telinga, tutup hati untuk yang jelek-jelek. Pada bulan itu setan-setan di belenggu.

Ada orang yang mempermasalahkan hadis ini "ustad, katanya setan dibelenggu tapi kenapa masih banyak orang yang makan di siang ramadhan?, masih banyak orang ngomong kotor dan banyak yang jahat?" Apa penjelasannya?

Ada penjelasan yang menarik dari Imam Nawawi yang meninggal tahun 676 dalam kitab Al Minhaj Syarhu Shohih Muslim bin al Hajjaj. Apa kata Imam Nawawi,
Ketika saya melihat ada beberapa profesor di bawah, saya mau ngomong, tetapi mulut saya terkunci. Seolah-olah mulutku terkunci padahal tidak terkunci.
Begitulah setan bolak-balik menggoda, ayo makan, minum, ayo berhubungan kelamin, ayo ngomongin orang. Tapi seolah-olah setan terkunci. Jadi setan dibelenggu oleh kekuatan iman, kehebatan tawakal, kemurnian ikhlas. Ini yang membuat setan seakan-akan terkunci.
Didalam bulan ramadhan itu ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. 1000 bulan itu lebih dari 80 tahun lamanya. Jadi balasannya cuma itu? Bukan! Karena dalam angka arab itu yang paling banyak itu seribu (alf). Orang arab bilang satu juta adalah alf-alf (seribu-ribu). Jadi maknanya batas tertinggi. Lebih baik dari batas tertinggi alias tidak ada batasannya.
Tetapi sebenarnya juga ada kisah lainnya. Ketika itu nabi menceritakan ada empat orang yang ibadahnya luar biasa hebat. Siangnya jihad fisabilillah, malamnya qiyamullail tegak beribadah kepada Allah dan sedikitpun tidak ada berbuat maksiat.
Sahabat bertanya,, Bagaimana dengan kami? Kata nabi, jangan bersedih karena ada satu malam yang kalian bisa dapat lebih banyak daripada mereka. Hadist ini ditutup dengan "Siapa yang tidak mendapat kebaikan di bulan ini, dia tidak akan mendapat kebaikan di bulan yang lain".

Imam Ahmad bin Hambali punya satu kitab hadist namanya kitab Al Musnad. Isinya antara 30 ribu sampai 40 ribu hadist. tergantung cara menghitungnya, yang jelas kitab ini besar. Hadist berikut ini juga ada dalam kitab Al Musnad.

Rasulullah bersabda.
Dari satu shalat ke shalat berikutnya menutupi dosa-dosa. Dari shalat subuh ke shalat dzuhur, dari dzuhur ke shalat ashar, tertutup dosa, dari ashar ke maghrib tertutup dosa, dari magrib ke isya tertutup dosa . Seperti orang yang membuat rumah di tepi sungai. shalat subuh mandi dulu, kemudian kerja, kotor, mandi lagi sebelum dzuhur. Demikian juga waktu ashar. Begitulah penggambaran antara shalat ke shalat menutupi dosa.
Dari Jumat ke jumat berikutnya. Jadi ada yang menghapus dosa per pekan. Demikian juga dari bulan ke bulan artinya setahun, yakni dari ramadhan ke ramadhan berikutnya menghapus dosa. Jadi semua dosa ditutupi? ya. Tapi jangan lupa. Ketika Allah menutup dosa, seperti dinding yang berlubang terkena paku sehingga kita malu kalau ada tamu datang dan melihat rumah bagus yang dindingnya berlubang, maka ditutup lubang tersebut. Begitulah Allah menutup dosa. Tapi jangan lupa, bila engkau buat lagi maka Allah akan membukakan (penutupnya). Hari itu dibukakan segala rahasia-rahasia. Makanya kita berdoa:

Tutupilah segala silaf salah dosa kami Ya Allah, tutupilah aurat cacat kami Ya Allah.
Yang jadi masalah adalah, orang kalau sudah merasa bersih selalu bikin salah lagi.
Mungkin dulu kita punya masa lalu yang kelam.

Datanglah seorang membawa pisau menemui seorang pendeta yahudi. Hai pendeta yahudi, aku sudah membunuh 99 orang, apakah ada pintu kebaikan untukku? pendeta yahudi marah. Tidak ada kebaikan untukmu karena kau sudah membunuh 99 orang. Lalu orang ini kalap, dia ambil pisaunya. Karena tidak ada kebaikan untukku, untuk apa aku hidup, maka kaulah yang ke 100. Matilah pendeta yahudi itu. Islam tidak begitu.

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

Berapa banyak dosa silafmu, angkat tanganmu, Allahu Akbar (shalat) mengaku dihadapan Allah. Raghbirfirli, ampuni aku. warhamni, rahmati aku, warjburni, muliakan aku, warfakni angkat derajatku, warzuqni, beri aku rezeki, wahdini, beri aku hidayah, waafini, maafkan segala silaf salahku, wafuanni, beri kebaikan kepadaku.
Orang paling dekat kepada Allah ialah ketika ia bersujud. Mintalah kepada Allah. Oleh sebab itu diisi bulan ramadhan ini karena bulan ini betul-betul bulan pengampunan dosa.

Berapa banyak orang-orang di ramadhan tahun lalu berdoa di hari terakhir ramadhan. Ya Allah, sampaikanlah usia kami ke bulan ramadhan (tahun depan). Tapi tidak semua ada kesempatan hidup. Maka kita pahami dari ramadhan yang lalu ke ramadhan tahun ini kita banyak silaf salah serta dosa.

"Saya tidak ada salah pa ustad, saya tidak ada dosa"
Ketika engkau berkata tidak ada dosa, tidak ada silaf, maka saat itu engkau sedang silaf salah dan berdosa. Karena orang yang mengaku tidak (pernah) berbuat dosa maka dia sedang berdosa.
Semua anak cucu keturunan Adam adalah pelaku silaf dan salah, yang terbaik adalah orang yang bertobat kembali ke jalan Allah.

Man Shoma Romadhona Imanan Wahtisaban, siapa yang puasa ramadhan karena keimanan, ketulusan, kebaikan, mengharap ridho dari Allah Ghufiro lahu Maa Taqoddama Min Dzanbih, diampuni Allah segala silaf salahnya, dosa-dosa kecilnya.
Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang mendapat ampunan Allah Subhanahu Wa Taala. Amin.
"Celakalah orang yang berjumpa dengan ramadhan, hidup dalam ramadhan tetapi ramadhan tidak menjadi penghapus dosanya".
Ini adalah doa yang paling makbul, nabi mengaminkan, malaikat Jibril yang mendoakan.
_______

Imam Ahmad Bin Hambal punya anak laki-laki namanya Abdullah. Abdullah, bapakmu shalatnya berapa? Abdullah menjawab, bapak saya shalatnya sehari semalam tiga ratus rakaat. Orang-orang yang shalatnya banyak maka mereka akan dipanggil dari pintu surga bernama Babushalam.
Siapa yang ahli jihad, maka akan masuk surga melalui pintu jihad, babuljihad.
Ahli puasa akan masuk surga dari pintu babussiyam.
Jika kita tidak dapat masuk surga dari pintu babussalam atau babuljihad, semoga kita dapat masuk surga dari pintu babussiyam. Ada puasa ramadhan, puasa enam hari bulan syawal, puasa senin kamis, puasa 13, 14, 15, puasa nabi Daud.
Orang yang banyak sedekah, akan dipanggil masuk surga dari pintu sedekah, babisshodaqoh. Abu Bakar Shidik mendengar hadis itu lalu berkata, demi ayah dan ibuku ya Rasulullah, apakah ada manusia yang dipanggil dari semua pintu? Ya kata nabi, dan aku berharap engkaulah yang dipanggil dari semua pintu itu.

Semoga kita termasuk mendapat panggilan masuk surga dari semua pintu itu.

Ya Allah, masukkan kami diantara orang-orang yang dipanggil dari semua pintu surga.
Ya Fattah, Wahai engkau yang membukakan pintu hati, Iftah qulubana, bukakan pintu hati kami untuk senantiasa beribadah mendekatkan diri kepadamu
Ya Muqollibal Qulub, wahai engkau yang membolakbalikkan hati, tsabbit qulubana, kokohkan hati kami dalam agamamu, dalam ketaatan kepada Mu
Bukakan untuk kami pintu Ar Rayyan.

Allahumma Shalli ala Sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad

Selamat bersahur. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records