Penjelasan Buku 33 Tanya Jawab Qurban Ustadz Abdul Somad. 2. Syarat Berkurban

Tafaqquh video 25/Jul/2018 Hewan kurban waktu kurban View : 905 |
Diantara syarat berkurban adalah muslim. Hal ini dibahas (di buku 33 tanya jawab kurban) karena ada satu mesjid bertanya ke saya "pa ustad, kami tinggal berseberangan dengan gereja. Mereka menyerahkan satu kambing kepada kami, bagaimana?" Saya sampaikan bahwa syarat berkurban salah satunya adalah muslim. Syarat lainnya adalah merdeka (bukan budak), akil baligh, berakal dan mampu

Jadi kalau ada orang menyerahkan kurban ke kita, orang itu non muslim, bagaimana caranya? Terima hewan kurban itu, nanti waktu motongnya atas nama kaum muslimin 7 orang pengurus mesjid/panitia. Jadi tidak apa-apa menerima hadiah dari non muslim selama tidak ada unsur kristenisasi.
Apa dalil boleh menerima hadiah dari non muslim? Nabi mengirim surat kepada raja Mesir, namanya Mukaukis. Agamanya kristen ortodoks koptik. Yang membawa surat itu sahabat nabi namanya Hatib bin Abi Baltaah. Ketika sampai, dibacanya surat nabi, dia (raja) tersentuh dan mengirim hadiah madu dari provinsi Banha Mesir. Madu tersebut diminum nabi. Itulah dalil boleh menerima hadiah dari non muslim. Dia kirim untuk nabi kain, kain itu dipakai nabi. Dia kirim untuk nabi hewan bighal (sejenis keledai), dipakai oleh nabi. Kalau kita dikasih hadiah seperti kendaraan, pakai. Dikasih kain, pakai. Dikasih madu, minum. Tapi kalau ada unsur kristenisasinya, ada unsur agama, unsur ritual maka Lakum dinukum waliadin.
Yang dianggap mampu (berkurban) itu siapa? Sekarang ini banyak. "Bapak tidak berkurban tahun ini?" Mohon maaf pak ketua mesjid, saya tidak daftar kurban. "Kenapa?" Saya belum mampu, mobil fortune saya belum lunas, rumah di citra land 5 milyar masih nyicil tiga tahun lagi". Orang merasa dia tak mampu, karena dililit hutang dan yang membuat hutang itu dia sendiri.

Lalu menurut fiqih, yang mampu itu siapa?

Orang yang sanggup memenuhi kebutuhan diri sendiri dan orang yang wajib dinafkahi selama empat hari. Ada uang untuk berkurban maka itu sudah dianggap mampu. Kira-kira punya uang berapa? Misal untuk diri sendiri, istri, anak satu dan mertua. Makan satu hari paling "full" 100 ribu, kali 4 (orang) kali empat hari, total 1,6 juta rupiah dan ada uang untuk kurban maka orang itu sudah dianggap mampu. Begitu menurut mazhab Syafii. Dari mana (perhitungan) itu ustad ambil? Nama kitabnya Fiqhul Islam Wa Adillatuhu karya Wahbah Az-Zuhayli, juz 4 halaman 2708.

Kapan Waktu penyembelihan?

Waktu penyembelihan kurban setelah terbit matahari. Diagak-agak, kira-kira matahari setinggi tombak. Setelah diukur, matahari setinggi tombak itu 12 menit. Jadi 12 menit setelah matahari terbit sudah boleh shalat sunnat (Iedul Adha). Jadi waktu yang terlarang itu kapan? Waktu terlarang, disebut waktu dua tanduk setan adalah sejak matahari terbit sampai matahari setinggi tombak, kira-kira 12 menit. Kenapa disebut waktu tanduk setan? Ketika matahari naik dari permukaan (bumi), datang setan menghampiri.
Tapi umumnya ditempat kita, kalau di Pekan Baru jam 7.30. Setelah shalat ied barulah potong kurban. Misal tinggal di negeri non muslim, Papua. Kapan boleh memotong kurban? Cara menghitungnya adalah agak-agak 12 menit setelah matahari terbit di tambah agak-agak cukup waktu untuk shalat dua rakaat dan khutbah. JAdi kira-kira jam 7 atau 7.30. Langsung memotong setelah shalat subuh tidak dianggap sebagai kurban. Sama seperti zakat fitrah yang jika dikeluarkan sebelum waktunya tidak dianggap zakat fitrah, hanya sedekah biasa saja.

Kapan waktu penyembelihan finishnya (berakhir)?

Tanggal 10,11,12,13 Dzulhijah, hanya empat hari waktu untuk berkurban. Takbirnya juga sampai tanggal 13. Terakhir takbir pada shalat ashar tanggal 13 Dzulhijah.

Ada hadist yang mengatakan tidak boleh memotong pada malam hari.

Bagaimana kalau siang sibuk. Setelah diteliti, hadist ini karena pada zaman dulu tidak ada lampu yang terang. Hari ini? Boleh. Pakailah lampu yang terang.

Jenis hewan kurban yang mau dipotong itu apa saja?

Dijelaskan dalam Al Quran di Surat Al An'am. Apa itu Al An'am? Hewan ternak, kambing, sapi, onta, kerbau. Tidak bisa di ganti ayam satu kandang atau puyuh satu kontainer karena sudah dipatok, jangan dibuat-buat. Diantara hewan ini apa yang paling afdol? Mana yang paling banyak dagingnya, itulah yang paling afdol.
Mana yang paling afdol, 1 kambing atau 1 sapi bertujuh orang? Mana yang paling banyak dagingnya, itulah yang paling afdol.

Batasan umur hewan kurban.

Kalau onta umur lima tahun masuk enam. Kalau kambing (yang bulunya pendek) umur dua tahun masuk tiga tahun. Tapi kalau kambing yang bulunya tebal (seperti biri-biri) umur satu tahun masuk dua tahun. Cara melihat umur kambing ada dua, pertama tanduknya tumbuh, kedua dilihat dari gigi.

Adakah batasan tertentu tentang jumlah?

Ya. Berapa? 1 kambing 1 orang, 1 kambing 1 keluarga atau 1 sapi tujuh orang. Mana dalil mengenai 1 sapi 7 orang? Nabi menyembelih unta pada tahun hudaibiah (tahun ke 6) satu unta bertujuh orang.
Sekarang ini macam-macam dibuat orang. Ada guru yang ingin mendidik muridnya rajin berkurban maka 1 sapi untuk 40 orang. Ini tidak benar, bukan kurban.

Apakah boleh menyembelih hewan bercacat?

Haram. Pilihlah baik-baik, jangan sampai matanya cacat, kakinya cacat, tulang sumsumnya kering, jangan sampai berpenyakit. Maka pilihlah sapi yang telah lolos pemeriksaan dokter hewan.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records