Nikmat adalah Amanah, Maka Jagalah (ringkasan 5 amanah)

Tafaqquh video 01/Mar/2018 Menjaga amanah Pekan Baru View : 1934 |
5 Amanah yang Mesti Dijaga
Tabligh Akbar Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru. Ditaja oleh MPW Pemuda Pancasila Riau. 27 Februari 2018.

00:09:00

1. Amanah Umur

Umur ini harus kita jaga, karena akan ditanya oleh Allah, kemana dihabiskan. 24 jam sehari semalam digunakan untuk apa? Delapan jam dipakai istirahat, tidur . Delapan jam lagi bekerja, kemana digunakan yang 8 jam sisanya ini? Jangan terlalu takut menjadi tua, karena tua itu adalah resiko. Resiko muda adalah tua, resiko hidup adalah mati, resiko cantik adalah keriput.
Acara ini diselenggarakan oleh Pemuda Pancasila tetapi peraturan yang digunakan adalah aturan Islam, tidak bercampur antara laki-laki dan perempuan. Pancasila itu diambil dari Al Qur'an dan Sunnah yang disusun oleh para ulama. Ketuhanan yang Maha Esa berasal dari Qulhuallahu Ahad.
Umur ini harus benar-benar dijaga kemana saja perginya. Ustadz Abdul Somad kemana saja dibawa umurnya?
Saya SD tamat 1990, Tamat SMP Tsanawiyah 1993, Tamat Aliyah 1996, IAIN Susqo 1997, Ke Al Azhar Mesir 1998 tamat 2002, ke Malaysia sampai 2004, terus ke Maroko sampai 2007, pulang ke Pekan Baru 2008 sampai sekarang 2018 sepuluh tahun sudah saya di Pekan Baru. Kalau kita diberikan umur panjang, Alhamdulillah karena dapat menambah amal. Kiranya mati hari ini Alhamdulillah karena dosa tidak bertambah lagi. Amanah umur harus diisi, jangan pernah kosong dari ibadah. Saat menyetir sendiri sebutlah nama Allah. Perumpamaan antara orang yang selalu berzikir dengan orang yang tidak pernah mengingat Allah adalah seperti orang hidup dan orang mati. Jangan berhenti berzikir, dengan suara keras ataupun pelan ataupun dalam hati tergantung dari situasinya. Kenapa? Karena nanti saat sakratulmaut apa yang sering disebutkan itulah yang akan datang.
Kita harus saling mengngatkan untuk menjaga umur.

00.28

2. Amanah harta

Tidak ada orang baru lahir yang membawa harta. Baru setelah lahir ke dunia barulah mendapat harta. Untuk apa harta itu? Pakailah untuk membantu orang susah, pakailah untuk menolong agama Allah. Sekarang ini (pada acara ini) penyelenggara (Pemuda Pancasila) telah mempraktekkan bagaimana membantu orang susah dengan menyumbang seratus juta rupiah yang nanti akan saya kirimkan ke Suku Talang Mamak di Rantau Langsat pedalaman Indragiri Hulu (5 jam bermobil dari Pekan Baru, terus jalan tanah dan 7 jam naik perahu). Dikirim melalui Yayasan Muara. Saya tidak berkepentingan di yayasan ini, bukan sebagai pengurus, bukan pembina, bukan anggota sehingga saya tidak ada kepentingan. Yayasan Muara ini dikelola oleh anak-anak alumni USM (UIN Suska Mengajar).

Yang kita makan akan jadi busuk
Yang kita pakai akan jadi lapuk
Yang disedekahkan itulah untuk hari esok.

Amanah harta ini penting. Saat ini Ustadz Somad ceramah "bersedekahlah, bersedekahlah.." Banyak orang yang kalau diajak beribadah cepat dan kuat tetapi jika sudah akan mengeluarkan uang (sedekah, zakat, infaq dll) menjadi sangat berat. Jangan berhitung-hitung dalam mengeluarkan uang untuk bersedekah.

 

39.00

3. Amanah pasangan hidup

Kita diciptakan berpasang-pasangan untuk saling menjaga amanah. Hawa diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, bukan tulang kaki. Jika dipaksa lurus dia akan patah, jika diikuti maka laki-laki akan ikut menjadi bengkok. Laki-laki dan perempuan yang menikah diikat dengan dua hal, yakni mawaddah dan warohmah. Mawaddah adalah melihat kelebihan (lebih baik, lebih cantik, lebih ganteng, lebih kaya dll) sedangkan warohmah adalah kasih sayang.
Menikah karena harta maka harta akan binasa, menikah karena rupa akan berubah. Laki-laki harus siap melihat istri kalian berubah. Perempuan harus siap menerima perubahan. Orang yang baik akan dipertemukan dengan pasangan yang baik Insya Allah. Dari pernikahan ini akan lahirlah amanah anak.


0.45

4. Amanah Anak

Lebih baik menangis sekarang daripada menangis nanti 20 tahun yang akan datang karena ternyata anak kita menjadi pecandu narkoba, pezina dll. Anak-anak harus kita jaga, bawa dia ke mesjid. Ada pepatah melayu:

Dari kecil terlonjak-lonjak,
Sudah besar terbawa-bawak
Sudah tua berubah tidak.

Biasakan membawa anak-anak ke mesjid, tetapi yang umurnya sudah di atas 5 tahun. Adapun yang di bawah 5 tahun belum dianjurkan ke mesjid karena belum mumayiz (belum mengerti perintah, tunjuk ajar).
Orangtua yang membelikan anak hp, membelikan motor, membelikan mobil. Jadi berhati-hatilah. Buat anak-anak perempuan berhati-hatilah, jaga kehormatan. Jangan pacaran.


00.54

5. Jabatan dan kekuasaan

Saya tidak punya jabatan. Jabatan saya dosen itulah, kekuasaan saya berlaku sekelas itulah. Jika memegang kekuasaan jangan zalim. Bayarkan upah pekerjamu. Sesuaikan amal dengan jabatan dan kekuasaan. Pakailah kekuasaan itu untuk beramal dan menolong agama Allah. Anggota dewan pergunakanlah kekuasaanmu dengan membuat perda-perda syariah.
Bapak-bapak dirumah ada kekuasaannya pada istri dan anaknya. Jagalah itu, beramallah sesuai dengan kekuasaan yang diberikan Allah.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records