Menjawab Salam dari Non Muslim

UAS TV 06/Mar/2018 salam non muslim Makassar View : 1728 |
Menjawab Salam dari Non Muslim

Pertanyaan
Bagaimana hukum Islam mengucapkan salam kepada non muslim?

JawabanUAS

Jika ada non muslim mengucapkan salam kepada kalian, maka jawablah "Waalaikum". Apa arti waalaikum? artinya "kamu juga".
Bolehkah kita mengucapkan salam kepada non muslim? Tidak boleh! Jangan ucapkan salam pada Yahudi dan Nasrani. Lalu bagaimana caranya jika ingin mengucapkan salam pada mereka, misal pada acara resmi? Gunakan "salam sejahtera", pada kaum muslimin gunakan "Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh".


Pertanyaan
Bagaimana menurut ustad tentang orang non muslim yang mengucapkan syahadat untuk hijrah masuk Islam tapi datang di suatu acara

JawabanUAS
Apa salahnya? Siapa yang mengucapkan "Asyhadu an-laa ilaaha illallaah (ا شهد أن لا إله إلا الله) yang artinya “Saya bersaksi tiada Tuhan Selain Allah”. Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah (و اشهد أن محمد ر سو ل الله)" maka orang tersebut telah masuk Islam.
Mengenai masalah "gunting pita" (sunat/khitan) bisa dilakukan belakangan. Makanya ustad-ustad jangan ceramah terlalu keras yang menakuti orang masuk Islam. Jangan menggunakan kata-kata yang provokatif, misal "Rukun Islam ada lima Perkara". Kata "perkara" dapat diartikan lain bagi pendengar yang tidak tau. Kata "perkara" ini membuat banyak orang cina takut "haiyaaa... lima pelkala, satu pelkala dualima juta". Ini karena kata perkara tersebut berasosiasi dengan permasalahan hukum yang mengeluarkan biaya.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records