Mengenai keberadaan Allah, ini kata Ustad Abdul Somad

Ibadah TV 12/Feb/2018 Dimana Allah View : 1554 |
Pertanyaan
Dimana keberadaan Allah itu Pa Ustad? Setengah mengatakan di atas, setengah mengatakan di bumi

Jawaban Ustad Abdul Somad
Yang mengatakan Allah di bumi mendasarkan pada ayat 'Wahuwa Ma’akum Aina Maa Kuntum’ (QS. Al-Hadiid : 4) Dia bersama kamu dimana kamu berada. Sekarang saya sedang di Rokan Hulu, berarti Allah bersama saya disini. Menurut pendapat yang mengatakan Allah berada di langit dengan ayatnya Ar-Rahman ‘Alal ‘Arsy Istawa (Thaha: 5). Allah duduk di atas kursi .

Dalam akidah Ahlussunnah wal jamaah, apa kata Sayyidina Ali, "Dia yang sudah ada sebelum waktu dan tempat ada, tidak layak ditanya dia dimana berada.
Menurut Akidah Thahawiyah, Allah suci dari enam arah:
Dia tidak di muka, Dia tidak di belakang, Dia tidak dikanan, Dia tidak dikiri, Dia tidak di atas, Dia tidak di bawah, Dia dekat tidak bersentuh, Dia jauh tidak berantara . Maka dikaji dari ilmu akidah. Islam tidak lepas dari tiga yakni akidah, syariah, ahlak. Ilmu akidah (wujud qidam baqa).

Jika Allah bisa ditunjuk (diatas, dibawah) maka batallah dua ayat "walam yakullahu kufuwan ahad" Dia tidak setara dengan apapun. Jika bisa Dia ditunjuk di atas maka berarti bisa disetarakan. Allah itu ada tanpa tempat. Jika Dia bertempat maka bukan Allah.

Allah duduk di atas kursi, berarti kursi itu lebih besar daripada dia. Jadi apa makna ayat Allah duduk di atas kursi? Maknanya kuasa (kekuasaannya). Contoh, bapak bupati duduk diatas kursi selama dua periode, apakah artinya bupati duduk dikursi? Tidak. Artinya berkuasa sebagai bupati. Jadi jangan katakan Allah duduk diatas kursi, karena berarti menyamakan dengan mahluk.

Orang yang menyamakan Allah dengan mahluk namanya Mujassimah.


admin
Jumlah Catatan: 0
No records