Kalau ada hadis jangan pakai akal. Tentang shalat sunnat waktu khatib jumat sudah naik mimbar.

Amih Hindarsih 13/Feb/2018 shalat jumat khatib naik mimbar View : 630 |
Pertanyaan
Tolong penjelasannya. Bagi orang yang melaksanakan shalat sunnat sewaktu khatib berkhutbah (Jumat) bukankah yang demikian itu melaksanakan sunnah atas yang wajib?

JawabanUAS

Kaidah yang dipakai bapak ini (penanya) adalah bahwa shalat sunnat hukumnya tidak wajib, sedangkan mendengarkan khutbah wajib. Kaidah ini betul jika kita menggunakan akal. Tetapi kalau ada hadis, buang akal. Kalau tak ada hadis baru pakai akal. Mana hadisnya? Nabi sedang khutbah. Ketika sedang khutbah itu masuk seorang laki-laki kedalam mesjid lalu duduk. Nabi menyuruhnya tegak dan menyuruh shalat sunnat dua rakaat. Itulah dalil jika terlambat datang ketika khatib sudah mulai khutbah masih boleh melaksanakan shalat sunnat dua rakaat. Hanya saja kalau terlambat harus tau diri, shalatnya jangan duduk di tengah (didepan orang banyak), laksanakan secepat-cepatnya.
Jadi perintah shalat sunnat itu meskipun khatib sudah naik mimbar itu adalah dari nabi, bukan akal-akalan. Yang paling bagus adalah datang cepat tidak terlambat. Datang pada shalat jumat ini ada dalam lima saat.
Pertama, yang datang pada saat pertama seperti berkurban seekor unta, datang pada saat kedua seperti berkurban seekor kerbau, pada saat ketiga seperti berkurban seekor lembu, keempat seperti berkurban ayam, dan yang datang pada saat kelima seperti berkurban sebutir telur ayam.
Ketika khatib sudah naik mimbar maka malaikat menutup buku catatan amal dan ikut mendengarkan khutbah (hadis sahih).

 


admin
Jumlah Catatan: 0
No records