Istimewanya perempuan karena 10 hal ini (ringkasan)

Tafaqquh video 22/Feb/2018 Keutamaan perempuan Rumah Ustad Solmed View : 3516 |
Perempuan-perempuan menjadi istimewa karena 10 hal ini:

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

1: Duluan masuk surga

Ketika nabi masuk kedalam surga, nabi melihat ada seorang perempuan yang ingin mendahuluinya masuk surga. Dari hadis ini dapat kita ketahui bahwa diantara umat nabi, yang pertama masuk surga adalah perempuan. Nabi bertanya "kamu siapa", dijawab "saya adalah orang yang menyantuni anak yatim".

2 : Mengandung (hamil), Melahirkan,  Menyusukan

Ketika nabi ditanya oleh sahabat, "Siapa orang yang paling layak mendapat baktiku?", lalu nabi menjawab "ibumu, ibumu, ibumu". Ada tiga hal yang dilakukan oleh ibu yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki. Mengandung (hamil), Melahirkan,  Menyusukan.
Sayangi ibumu. Tidak ada kemuliaan jika tidak memuliakan ibumu.
Ada seseorang yang bertanya kepada saya "pak ustad, ibu saya sudah tua, 80 tahun. Ibu saya itu sering ngomong ke tetangga menjelekkan saya anaknya. Bikin emosi juga. Bagaimana solusinya?". Saya balas dengan sepuluh kata "Orang tua seperti Qur'an lapuk, dibaca tidak terbaca, dibuang berdosa". Jadi, Diam saja, nikmati sampai nanti hilang sendiri. Nanti sampai pada masanya kita juga akan tua. Ada dosa yang akan dibalas didunia dan juga dibalas di akherat, itulah dosa durhaka pada orang tua.

3 : Melahirkan dan mendidik anak-anak yang soleh

Nabi Ibrahim Alaihisalam memiliki bapak yang jahat, seorang pembuat berhala. Namanya Azar. Tapi ibunya adalah seorang yang soleha, namanya Umaila. Artinya, ibu yang baik dan soleha akan melahirkan dan mendidik anak-anak yang soleh. Tanah yang subur akan menghasilkan tanaman yang subur. Jika bapaknya nabi tapi ibunya tidak soleh maka lahirlah anak seperti anak Nabi Nuh (Kan' an).
Penting bagi orangtua untuk memperhatikan calon istri bagi anak laki-lakinya. Karena nantinya akan menentukan pendidikan bagi anak yang dilahirkannya.

4 : Doanya yang makbul

Nabi Musa bertanya pada Allah "Ya Allah, nanti aku masuk surga bersama siapa?". Jawaban Allah "kamu akan masuk surga bersama tukang jual daging". Nabi Musa penasaran dan pergi ke pasar. Ia memperhatikan tukang daging tersebut, mengikutinya sampai kerumah. Nabi Musa memperhatikan bahwa tukang daging itu memasak untuk ibunya dan menyuapinya. Terdengar ibunya berdoa "Ya Allah, masukkan anakku kedalam surga bersama Musa". Jadi doa ibu inilah yang mengantarkan anaknya masuk surga. Doa ibu sangatlah luar biasa. Jangan pernah mengatakan yang buruk-buruk kepada anak.

5 : Perkataannya adalah doa

Doa ibu dikabulkan Allah, meskipun salah. Ada seorang laki-laki ahli ibadah namanya Jurais. Jurais kerjanya beribadah terus, tidak pernah berhenti. Suatu ketika ibunya memanggil. Jurais diam dan terus beribadah. Menurutnya beribadah pada Allah lebih penting dibanding menjawab panggilan ibunya. Ibunya memanggil lagi. dan memanggil lagi. Jurais tetap diam. Ibunya kesal dan berdoa "jangan kau matikan Jurais sampai matanya melihat PSK". Apa yang terjadi? tidak lama setelah itu ada seorang perempuan hamil yang mengaku-ngaku dihamili oleh Jurais. Akhirnya Jurais ditangkap. Sebelum dihukum, Jurais meminta untuk ditangguhkan sampai perempuan itu melahirkan.
Ketika anak itu lahir, Jurais menusuk pusar anak itu dan bertanya "Hai anak kecil, siapa bapakmua?" Anak tersebut menjawab "penggembala kambing". Maka Jurais pun bebas, dan masyarakat mengakuinya sebagai orang yang soleh.
Begitulah kabulnya doa seorang ibu.

6: Sayangi ibumu maka doamu makbul

Nabi berkata "Nanti kalau Dia datang kesini, minta doa sama dia karena doanya makbul". Sahabat nabi penasaran siapa orang tersebut. Setelah orang tersebut datang, terkejutlah para sahabat nabi, ternyata orang tersebut adalah Uwais Al Qarni yang datang dari Yaman. Uwais ini belum pernah bertemu nabi, tidak pernah berperang bersama nabi tapi doanya dikabulkan Allah. Kenapa? Karena ia merawat ibunya sampai mati. Maka hormati ibumu, jangan pernah berkata kasar atau menyinggungnya.

7 : Memiliki Rahim

Tidak ada nama anggota tubuh laki-laki yang diambil dari nama Asmaul Husna. Akan tetapi ada anggota tubuh perempuan yang namanya diambil dari nama Asmaul Husna, yakni rahim. Rahim diambil dari nama Allah, yang sifatnya pun seperti nama tersebut. Rahim menjaga anak yang dikandungnya dari kuman penyakit, dari panas dan dingin.

8 : Menghindari suaminya dari menjadi "Dayus"

Perempuan menjadi masuk surga karena menutup aurat. "Tidak masuk surga dayus".  Dayus adalah seorang lelaki yang membiarkan kejahatan (zina, membuka aurat, pergaulan bebas) dilakukan oleh istri dan keluarganya.  Ibu-ibu dan anak perempuan dapat menjadi penentu bagi suami atau bapaknya untuk masuk surga.

9 : Melengkapi Setengah iman laki-laki

Iman laki-laki baru setengah dan baru sempurna ketika dia menikah. Jadi perempuan/istri adalah penyempurna iman suaminya. Setelah menikah iman seorang laki-laki menjadi sempurna karena sekarang ia telah mempunyai makmum. Maka istri-istri haruslah membantu suaminya dengan cara yang lemah lembut untuk ibadah.

10 : Inner beauty

Ibu-ibu harus berani menerima resiko. Resiko cantik adalah jelek. Perempuan seperti bunga yang tumbuh, berkembang, berbunga dan layu. Jangan berusaha untuk tidak layu-layu. Yang paling penting itu adalah kecantikan dari dalam.

 


admin
Jumlah Catatan: 0
No records