Hukum mandi tidak pakai pakaian (telanjang)

JawabanUAS.com 04/Jan/2018 mandi telanjang View : 5884 |
Pertanyaan.
Ustad, bagaimana hukumnya kalau kita mandi tidak pakai baju? Bagaimana jika setelah mandi langsung berwudhu tanpa mengenakan pakaian?

Jawaban Ustad Abdul Somad

Orang Yahudi mengejek Musa, katanya kena penyakit hernia karena Musa tidak mau mandi telanjang (orang Yahudi mandi telanjang). Nabi Musa selalu mandi dibalik batu besar. Suatu hari saat Musa sedang mandi batu tersebut digeser oleh Allah sehingga terlihat oleh orang-orang Yahudi dan melihat bahwa Musa tidak sakit seperti yang mereka katakan. Apa arti dibalik cerita ini? bahwa Musa mandi tidak menggunakan basahan tetapi dibalik batu. Inilah dalil sebagian orang yang menyatakan boleh mandi tidak pakai basahan. Adapun yang menyatakan mandi pakai basahan adalah adab, karena tetap dilihat oleh malaikat.
Mana yang paling baik?
Yang paling baik adalah beradab menggunakan basahan. Hal ini karena menjaga adab kepada Allah, walaupun tidak dilihat orang.


admin
Jumlah Catatan: 1

admin

 04-Jan-2018  00:01 

[Tanya] Bagaimana jika setelah mandi langsung berwudhu tanpa mengenakan pakaian?
[Jawab] Pakailah. Jika mempertimbangkan sah atau tidak wudhunya maka wudhu tanpa pakaian tetap sah. Tetapi jika mempertimbangkan afdol atau tidak afdol maka berpakaianlah sewaktu wudhu untuk lebih afdol.