Dosa syirik tak diampunkan Allah, benarkah?

Tafaqquh video 21/Mar/2018 Tobat Dosa Syirik Pekan Baru View : 786 |
Pertanyaan:
Syirik kah saya, dulu saya percaya dengan hal-hal mistis, contoh, tali hitam dililitkan di tangan, di pinggang bisa menghalau mahluk jahat. Apakah jika saya bertobat Allah akan mengampuni saya?

Tanya Jawab Kajian Hadits Arbain Masjid Raya Senapelan Pekanbaru. 19 Maret 2018

JawabanUAS

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

Jadi bagaimana orang yang pernah syirik kalau tak diampunkan Allah?

Perlu diluruskan pemahamannya.
Ada sahabat nabi bernama Abuzar al Ghifari, ia menyembah berhala bernama Naham. Dipersembahkannya susu ke berhala tersebut dan berdoa kepada naham. Setelah berdoa datanglah seekor anjing yang langsung meminum susu tersebut sampai habis dan kemudian mengencingi berhala naham tersebut. Berpikirlah Abuzar, sedangkan susunya diminum tak bisa dia menolak, setelah itu dikencingi pula, ngapain dia ku sembah? Akhirnya diapun masuk Islam.

Pertanyaannya, pernahkah Abuzar al Ghifari syirik? Pernah! Dia menyembah Naham. Kenapa diterima tobatnya? Katanya orang syirik tidak diterima tobatnya. Yang tidak diterima tobatnya itu adalah orang yang syirik dan mati dalam keadaan syirik itu. Neraka jahanam tempat dia. Adapun orang yang pernah syirik, bertobat maka diampunkan Allah. Mandi tobat dan shalat sunnat tobat lalu istighfar.Minta ampun kepada Allah dari segala silaf salah maka Allah mengampuni.
Orang yang tobat dari segala dosa sama dengan orang tidak berdosa.

Syarat tobat ada tiga.
1. Menyesal dalam hati
2. Diikrarkan dengan lisan/ucapan
3. Tekad kuat tidak akan kembali mengulangi untuk selamanya.

Mudah-mudahan kita semua termasuk dalam orang-orang yang bertobat.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records