Berapa nilai hutang yang sudah lama jika dilunasi sekarang?

JawabanUAS.com 15/Dec/2017 hutang riba inflasi View : 859 |
Pertanyaan.
Almarhum bapak saya dianggap memiliki hutang dengan tetangga saya pada tahun 1997 senilai 2juta 4800 rupiah. Menagih kepada kami sebagai ahli waris. Masalahnya adalah tetangga tersebut sekarang (2017) menagih hutang tersebut yang telah menjadi

21 juta. Apakah ini termasuk riba?

Jawaban Ustad Abdul Somad.
Ini tidak riba. Karena uang kertas mengalami inflasi. Contoh. Uang 700 rupiah tahun 1990 waktu saya SD dapat membeli sebungkus nasi. Sekarang 7000 dapat nasi hanya pakai kuah telor. Makanya kalau hutang piutang pakailah mata uang nabi yaitu Dinar. Dinar itu emas. Pakailah harga emas karena nilainya stabil. Pernah dahulu oleh PM Malaysia Mahathir agar negara-negara Islam menyatukan uang menggunakan emas. Lihat eropa, mereka bisa menyatukan mata uangnya dalam euro, padahal agama, bahasa mereka berbeda-beda. Semestinya negara-negara Islam sangat bisa menerapkan mata uang emas, karena banyak kesamaan.
Jadi dalam hal ini tidak termasuk riba, riba adalah uang dengan uang yang bertambah. Misal, pinjam 1juta bayar 1,2 juta, yang berarti mengenakan bunga. Untuk menghitung berapa nilai hutang tersebut sekarang silahkan lihat nilai emas pada masa hutang itu dibuat. Jika pada masa itu (1997) pinjaman tersebut uang 2juta tersebut dapat membeli 15 gram emas maka nilai hutang tersebut sekarang adalah senilai harga 15 gram emas sekarang. Menggunakan patokan harga emas tidaklah riba.

 


admin
Jumlah Catatan: 0
No records