Bahayanya nikah siri. Perempuan jangan mau nikah siri.

Media Hijrah 03/Sep/2018 Bahaya nikah siri Batam View : 814 |
Ustadz Abdul Somad di Masjid Al Iman Tiban Mec Dermot Batam

Pertanyaan:
Apa hukum nikah siri?

JawabanUAS:

Nikah siri kalau cukup syaratnya sah.

Ada mempelai laki-laki, ada wali, ada dua saksi, ada mahar, ada ijab, ada qobul, cukup rukunnya maka nikah itu sah.
Kenapa disebut siri? Karena tidak terdaftar di kantor urusan agama. Tetap sah walaupun tidak tercatat di KUA.
Tapi saya sampaikan kepada perempuan-perempuan, jangan kalian nikah siri, karena kalau kalian nikah siri, habis nikah pergi laki-laki itu, sampai mati kalian tidak bisa nikah lagi.

Bahaya nikah siri 1

Setelah nikah siri, pergi suaminya ke Malaysia sepuluh tahun, takabek indak batali (terikat tidak bertali). Bagaimana mau menuntut ke pengadilan? Tunggulah sampai mati karena tidak bisa bercerai.

Tetapi kalau nikahnya tercatat di KUA, laki-laki itu sudah diikat. Diikat dengan apa? diikat dengan Sighat Ta'lik. Baca Sighat Ta'lik. Kalau saya meninggalkan istri saya enam bulan lamanya, tidak memberikan nafkah lahir dan bathin, atau menyakiti fisiknya. Dia datang ke pengadilan agama, maka hakim menjatuhkan talak satu kepadanya. Itu hanya bisa kalau tercatat di Kantor Urusan Agama. Jadi jangan mau nikah siri.

Dua, bahayanya nikah siri.

Kalau nanti laki (suami) itu mati, kebetulan istri pertamanya ada. Biasanya yang nikah siri ini adalah istri kedua, ketiga. Menuntut (warisan) dia, mana bagianku? Tak mau istri pertama memberikan. Mana suratmu? Maka tak dapat. Belum lagi urusan membuat akta kelahiran. Pokoknya banyaklah urusan kalau menikah model begini.

Sekarang banyak lagi menikah siri model lain. Wali tak ada, saksi tak ada, dianggapnya nikah siri. Mahasiswa sama mahasiswi duduk di kantin. Aku nikahi engkau dengan mahar semangkok bakso. Yang jadi saksi siapa? Malaikat-malaikat yang ada di sekitar kita. Itu Zina! Itu tak betul.

Jadi kesimpulannya nikah siri ini, kalau cukup rukun syaratnya maka nikahnya sah secara fiqih. Tetapi secara negara tidak sah.

Jangan mau nikah siri karena lebih banyak mudaratnya.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records