Apa Hubungannya Membaca Al Quran dengan Rezeki

FSRMM TV 28/May/2018 Baca Quran rezeki Kampar Riau View : 841 |
Pertanyaan
Ustadz, bagaimana ganjaran yang kita peroleh jika satu hari mengaji lima juz. Apa ada pengaruh terhadap rezeki?
Tanya jawab Ustadz Abdul Somad Masjid Al-Ihsan, Kampar. Mei 2018

JawabanUAS:

Iqroul Qur'aan, bacalah Al Qur'an.
Waidza qurial quranu fastami'u lahu wa ansitu la'alakum turhamun,
Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah dan diamlah agar kamu mendapat rahmat.

Sedangkan mendengarnya saja turun rahmat Allah. Rezeki adalah bagian dari rahmat. Allah punya 100 rahmat, diturunkannya ke bumi satu rahmat, ditahannya 99 rahmat.

Rasulullah Saw Bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt memiliki 100 rahmat (nikmat) satu rahmat dari padanya diturunkan Nya dan dibagi-bagi diantara jin, manusia, hewan-hewan besar dan kecil. Dengan rahmat yang satu itu, semua makhluk tersebut. Saling sayang menyayangi dan kasih mengasihi. Dengan rahmat yang satu itulah seekor keledai liar menyayangi anaknya. Adapun rahmat yang 99 lagi disediakan Allah Swt buat kehidupan di akhirat. Dengan rahmat yang 99 itulah Allah Swt akan mengasihi hambaNya pada hari kiamat”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kita berkasih sayang karena rahmat, kita makan dan minum karena rahmat Allah. Allah menurunkan rahmat karena kita membaca Al Quran.

Makanya dalam hadist,

"siapa yang membaca surat Al Waqiah maka diselamatkan Allah dari miskin, papa, susah, melarat".

Jangan dipahami Quran itu sebagai mantra, sim salabim abrakadabra. Setelah baca Quran tidur. (bukan begitu). Setelah baca Quran, bangkit semangat kerja, setelah baca Quran bangkit semangat tawakal. Setelah baca Quran bangkit semangat hidup, karena setan yang menggoda, "jangan kau kerja, jangan kerja". Maka setan yang menggoda itu lari dibacakan Quran.
Oleh sebab itu maka membaca Al Quran menurunkan rahmat, menambah rezeki. Tetapi hal ini harus dipahami dengan pemahaman yang benar.


Admin
Jumlah Catatan: 0
No records