Adakah zakat profesi pada zaman nabi?

JawabanUAS.com 26/Dec/2017 zakat profesi View : 943 |
Pertanyaan:
Adakah zakat profesi pada zaman nabi?

Jawaban Ustad Abdul Somad

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa zakat profesi adalah sesuatu yang baru. Diada-adakan. Hanya ijtihad Syekh Yusuf Qardawi saja. Karena memang yang mempopulerkan zakat profesi ini adalah beliau. Jika kita membaca sejarah, zakat profesi ini sudah ada sejak zaman Umar bin Abdul Aziz, bahkan lebih jauh lagi sejak zaman sahabat. Akan tetapi tidak populer karena pada masa itu profesi kebanyakan orang adalah berdagang, bertani dan beternak saja.

Bagaimana prakteknya zakat profesi pada masa sahabat?
Abu Ubaid seorang ulama dalam kitabnya Al Amwal (Harta). Oleh ulama Mesir kitab ini Kata baliau.
Abu Ubaid meriwayatkan dari Ibnu Abbas. "Seorang laki-laki memperoleh penghasilan dan mengeluarkan zakat pada hari Ia memperolehnya." Tidak disebutkan sumber penghasilan ini dari mana. Tetapi dikeluarkan zakatnya pada hari dihasilkan. Jelas ini adalah suatu pendapatan dari hasil usaha.
Abu Abaid juga meriwayatkan bahwa Umar bin Abdul Aziz (Khalifah) memberi upah dan langsung memungut zakatnya (upah dipotong zakat). Meskipun Umar bin Abdul Aziz hanya memerintah selama 3,5 tahun, tetapi salah satu kebijakannya adalah memotong zakat langsung saat membayar upah pegawai.


admin
Jumlah Catatan: 0
No records