Adakah Islam mengharuskan Tawassul

VlOG ANYARAN 14/Feb/2018 Tawassul Malaysia View : 1148 |
Pertanyaan
Adakah Islam mengharuskan Tawassul?
Masjid Khalid bin Walid Kementah-Malaysia 13 Feb 2018 [Ustadz Abdul Somad Lc,MA]

JawabanUAS

Adakah hadis tawassul?
Hai orang beriman, bertakwalah kepada Allah. Bertawassullah.
Jadi ini adalah perintah dari Allah untuk bertawassul. Kita meminta kepada Allah melalui perantara orang beriman. Jadi kenapa takut bertawassul? Allah yang suruh.
Hadis shahih dalah Shahih Bukhari:
Tiga orang masuk ke dalam gua saat hujan. Kemudian datang batu besar yang menggelinding menutup pintu gua. Orang pertama bertawassul dengan sedekahnya "Ya Allah, aku pernah punya pembantu, saat mau memberi gajinya dia pergi entah kemana. Gajinya tersebut aku belikan kambing yang kemudian beranak pinak. Lalu dia datang, dan aku berikan padanya semua kambing-kambing itu. Ya Allah jika sedekah itu karena engkau maka bukakanlah gua ini" Maka batu penutup gua itu terbuka sedikit.
Orang kedua "Aku berbakti kepada bunda dan ayah. Pada suatu malam aku pulang membawa sebotol susu kambing. Anakku menangis karena haus, anakku menangis karena lapar tapi aku tahan. Aku tunggu sampai bunda dan ayahku terjaga. Saat mereka terjaga dari tidurnya aku berikan. Kalau memang baktiku tersebut karena engkau tolong bukakan gua ini". Maka gua terbuka lagi.
Orang ketiga: "Aku pernah jatuh cinta kepada seorang perempuan, hampir kami berzina, tetapi tidak jadi karena aku takut kepada engkau. Jika takutku ini bisa dijadikan sebagai tawassul, bukakanla pintu gua" Kemudian pintu gua terbuka dan mereka dapat keluar.
Itulah dalil mengenai tawassul. Mengapa para imam sebelum berdoa selalu membaca Al Fatiha? Karena dia bertawassul dengan Al Fatiha tersebut. Jadi tidak ada ikhtilaf antara ulama mengenai bertawassul dengan amal sholeh. Bagaimana jika bertawassul dengan orang? Ini yang banyak ikhtilaf.
"Aku bertawassul kepada Allah dengan kemuliaan Syakh Abdul Qadir Jaelani, dengan kemuliaan Syakh Naqsyahbandi, dengan kemuliaan syakh fulan" bolehkah? Maka Sayyid Muhammad Shiddiq al-Ghumari ahli hadis dari Maghribi menulis satu kitab khusus yang mensyariatkan bolehnya bertawassul dengan hamba-hamba Allah yang sholeh. Jadi bertawassul melalui orang ini bukanlah bertawassul dengan fisiknya, tetapi bertawassul dengan kedudukannya. Dan meminta kepada Allah bukan meminta kepada orang sholeh tersebut.
"Aku meminta kepada engkau Ya Allah dengan berkat kemuliaan Nabi Muhammad, sembuhkanlah penyakitku ini".
 

Baca buku 37 Masalah Populer bagian Tawassul


admin
Jumlah Catatan: 0
No records